Cara Membuat Sayur Bening Bayam Jagung Manis Segar




Cara Membuat Sayur Bening Bayam Jagung Manis Segar - Cuaca yang panas membuat kita inginnya menikmati yang segar-segar, es pasti menjadi alternatif yang tepat. Namun jika kita sedang lapar? Apa cukup dengan minum es? Pasti jawabnya tidak. Ada salah satu hidangnya yang segar, yakni sayur bening bayam jagung atau yang bisa kita sebut dengan sayur kunci. Sayur yang sederhana sih, namun kesegarannya sangat luar biasa :). 

Sayur bayam bisa dilengkapi dengan jagung, namun bisa juga tidak, sesuai dengan selera anda yang menyajikan. Ciri khas dari sayur bening bayam adalah adanya aroma rempah-rempah kunci yang bisa menambah kesegarannya. Yang sudah terbiasa membuat sayur bening bayam mungkin anda sudah tidak bingung, namun buat anda yang belum bisa membuat sayur bening bayam, dan ingin belajar membuat, langsung saja simak langkah-langkahnya dibawah ini.

Resep Sayur Bening Bayam

Bahan-bahan Sayur Bening Bayam

  • 1 ikat bayam segar, ambil daunnya
  • 2 buah sayur gambas, kupas kulitnya yang kasar, lalu potong-potong tipis
  • 2 buah jagung manis, potong menjadi 4 atau 5 bagian
  • 2 siung bawang putih
  • 2 butir bawang merah
  • 3 cm rempah kunci, memarkan
  • 1 sendok makan
  • Garam secukupnya
  • Air secukupnya
Cara Membuat Sayur Bening Bayam

  1. Pertama, cuci secara pisah semua sayuran (bayam, gambas dan juga jagung manis), sisihkan.
  2. Kedua, iris tipis bawang merah dan bawang putih, lalu rebus dengan air bersama dengan kunci. Biarkan hingga mendidih dn berbau harum.
  3. Ketiga, jika sudah mendidih masukkan jagung manis dan rebus hingga empuk. Selanjutnya masukkan gambas dan bayam, tambahkan 1 sendok makan gula dan garam secukupya. Aduk hingga rata dan matang. Angkat dan sajikan.
Note : Sayur bening bayam lebih lezat disajikan dengan sambal terasi dan tempe hangat.

Semoga resep masakan cara membuat sayur bening bayam diatas bisa bermanfaat buat anda. anda juga bisa belajar cara membuat sate tahu yang sudah pernah saya publish sebelumnya. Jika anda suka, bagikan juga artikel ini di facebook, twitter dan lain sebagainya. Terima kasih.

2 Responses to "Cara Membuat Sayur Bening Bayam Jagung Manis Segar"

Harga Sayur said...

Terimakasih sudah berbagi tentang sayuran yang enak dan sehat ini, sangat bermanfaat

gamatgoldg31 said...

mantap banget artikelnya, sangat bermanfaat :)